Jumat, 31 Agustus 2007

Balada Sumbangan

Ada kegiatan yang rutin aku lakuin setiap menjelang bulan puasa. Menyambut para peminta sumbangan hihihihi... Sebenernya ini adalah kegiatan yang baek, tapi akhir2 ini aku (dan warga penghuni rumahku) mulai merasa sebel ama kehadiran mereka.

Awalnya bermula dari jaman aku kuliah dulu. Ada suatu yayasan, sebut aja yayasan X, dateng ke rumah mencari aku buat minta sumbangan. Pertamanya aku sempet bingung juga darimana yayasan X tau namaku. Ternyata salah satu pengurusnya adalah temenku jaman SMU dulu. Okelah... gak masalah. Itung2 nambah amal menjelang bulan puasa. Udah dunk... akhirnya aku jadi rutin selalu nyumbang ke yayasan X. Sampai aku bisa menghasilkan uang sendiri, aku berpikir untuk menambah nominal uang yang aku sumbangkan. Berbagi rejeki lah istilahnya. Jadilah aku melipatgandakan uang yang aku sumbangkan. Sama sekali gak nyangka kalo itu awal mula runtutan kejadian menyebalkan.

Pada suatu hari yang aku lupa taunnya, datanglah yayasan Y dengan tujuan serupa. Berhubung aku udah telanjur ngasih cukup besar ke yayasan X jadinya yayasan Y ini aku kasih separuhnya. Lagi2 aku penasaran dunk... Darimana yayasan Y ini tau namaku. Usut punya usut ternyata dari yayasan X. Ohhhh jadi begitu.... Beberapa hari kemudian datanglah yayasan Z. Okelah... karna aku udah nyumbang cukup besar ke yayasan X dan Y serta terbatasnya dana a.k.a bokek, aku menyumbang ke yayasan Z gak terlalu besar. Dan ternyata aku lagi2 dicari yayasan A, B, C, dll. Walaaaahhhh kok jadi gini??? Yang menyebalkan para pemohon sumbangan ini gak beda ama Debt Collector. Menghantui hidupku heheheh.... Tapi serius. Aku kan jarang di rumah nih, mereka akan keukeuh sumekeh (malah cenderung maksa) untuk nemuin aku guna meminta sumbangan. Coba... apa bedanya ama Debt Collector???? Ngeri... yang semulanya ikhlas nyumbang malah jadi terpaksa. Kalo dah gini masih berpahala gak tu???

Nah... kejadian taun ini lebih annoying lagi. Waktu itu yayasan P dateng ke rumah mencari diriku yang kebetulan sedang gak da di rumah. Mama bilang sih yayasan P ini udah bolak balik dateng mencariku. Terakhir.... berhubung mama kasian akhirnya Mama meyumbang dengan mengatasnamakan diriku. Tak diduga ternyata yayasan P ini jadi ketagihan. Dia dateng lagi ke rumah tp sekarang mencari Mama. Hebatnya dia bisa tau nama gadisnya Mama. Wow.... Dia ngotot banget mau ketemu Mama yang kebetulan waktu itu juga lagi gak di rumah.
Kasus laennya... waktu itu aku baru pulang dari show. Udah malem tuhhh.... badan rasanya capek semua. Tiba2 ada orang nyari aku yang ternyata dari yayasan Q. Wahhhh aku ampe mikir emangnya orang2 ini gak bisa nyari waktu yang lebih sopan apa.... Ya wis... gak usah kebanyakan ngomong, aku langsung kasih aja. Tau gak apa yg terjadi sodara2???? Beberapa hari kemudian yayasan Q ini dateng lagi ke rumah mencariku untuk meminta sumbangan lagi. Lohhh????? Tapi lagi2 waktu itu aku lagi gak di rumah.

Sekarang yang bikin aku (serta orang rumah) bertanya2... Kok para yayasan ini jadi seperti sindikat aja. Mengintai semua orang yang ada di rumahku. Kalo udah gini rasanya kok jadi gak ikhlas lagi kalo nyumbang. Lebih mengarah ke Okeh...ni aku nyumbang udah jangan ganggu aku lagi yah hehehehe..... Trus apa ya masih berpahala???? Hummmm....



2 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

aku hapus tu commentnya, ternyata kesalahan pada pihak pembaca (aku!). hihihi.. maaf2 ga ngeh =)

makanya, jadi orang jangan "terlalu" baik. orang baik itu bagus, tapi harus pinter. kadang ada beberapa oknum yang suka memanfaatkan kebaikan kita. inget dulu aku pernah bilang, hindari semua yang bersifat "terlalu". being flat is not a sin (menurutku) hehe.